Senin, 29 Oktober 2012

Desain Tower Telekomunikasi Menara


Jenis-jenis Desain Tower



Desain umum tower telekomunikasi dan menara komunikasi  ada dua jenis. Yaitu pertama jenis tower telekomunikasi atau menara komunikasi guywired. Dan selain itu menara adalah komunikasi dan tower telekomunikasi ada jenis SST.

Secara Garis besar tower dibagi menjadi 2 jenis. Pertama adalah Guy wired Tower, atau Guyed Mast, atau Spanner Tower, atau Menara tarik tali. Tower ini berbentuk menara lurus (straight tower) dengan 3 atau 4 sisi (three legged atau four legs) yang terbuat dari besi siku (angular), besi pipa (tubular) atau beton eser (rod iron). Dari titik-titik tertentu pada tower itu ditarik dengan tali sling kawat atau gswr (galvanized steel wire rope). Ujung terluar dari sling ini sama dengan tinggi tower atau paling kecil seperlima tinggi tower. Jadi untuk menara guywired 60meter, maka lebar tarikan sampai 60meter dari titik tengah tower ke ujung atau paling kecil seperlima dari titik tengah tower ke ujung. Tinggi maksimal tower ini 80meter, meski dengan desain khusus bisa mencapai 300meter.

Jenis kedua adalah SST, self support tower, atau free standing tower, atau standing tower, atau menara berdiri sendiri. Menara jenis ini dibagi lagi menjadi straight tower (menara lurus), four legged tower (menara empat kaki), three legged tower (menara tiga kaki), dan monopole (menara kaki tunggal).

Straight tower biasanya digunakan untuk menara RADAR, Mercusuar, Gardu Pandang, atau Sarana Olahraga. Menara ini mempunyai empat kaki baik angular ataupun tubular. Lebar atas dan lebar bawah menara cenderung sama. Tinggi maksimal tower ini 40meter dan rata hanya 20meter saja. Untuk keperluan khusus, menara ini bisa dilengkapi Lift.

Four Legged tower biasanya digunakan untuk tower telekomunikasi seperti bts, bsc, radio atau TV.  Menara ini mempunyai empat kaki baik angular ataupun tubular. Lebar atas cenderung mengecil daripada lebar bawah menara (tapered tower). Tinggi maksimal tower ini 84meter, meski ada beberapa dengan tinggi 250meter.

Three Legged tower biasanya digunakan untuk tower telekomunikasi seperti bts, bsc, radio atau TV.  Menara ini mempunyai tiga kaki baik angular ataupun tubular. Lebar atas cenderung mengecil daripada lebar bawah menara (tapered tower). Tinggi maksimal tower ini 60meter, meski ada beberapa dengan tinggi 250meter.


Lebar antar kaki normal pada SST tower adalah sepersepuluh sampai seperduapuluh dari tinggi. Jadi untuk tinggi tower 60meter maka lebar normal antarkaki adalah 6meter. Dan lebar minimal 3meter dengan penguatan pada pondasinya.

Monopole adalah tower dengan kaki tunggal, biasanya besi bulat atau polygon. Diameter atas cenderung mengecil (tapered) dan biasanya tingginya maksimal 18meter saja.

Nah dari Gambar ini, Anda pasti dapat menebak mana jenis tower yang dimaksud?