Breaking

Senin, 12 November 2012

Plat Plendes Dasar Menara



Plat Plendes Dasar Menara

Plat Dasar atau disebut plendes atau base plate adalah bagian penghubung antara pondasi menara dan kaki menara. Untuk tower Radio AM plat dasar ini berupa isolator keramik (ceramic insulator) yang dipakai sebagai dudukan tower. Oleh sebagian praktisi AM ini disebut sebagai isolator duduk atau isolator magic jar, mengingat ukuran isolator sebesar magic jar.

Ada tiga desain dasar untuk tower GWT (guy wired tower) AM ini. Yang paling sering dipakai adalah bentuk kerucut. Contoh paling mudah dilihat adalah tower pemancar Indosiar di Kebon Jeruk Jakarta. Meski dipakai tower Pemancar UHF, desain tower AM tetap dipakai oleh Indosiar. Tower ini diproduksi oleh Rohn Tower dengan ketinggian puncak 265meter. Tower AM diyakini sangat handal untuk menghadapi sambaran petir.

Untuk menara GWT FM ada dua desain dasar, yaitu halfway dan baseplate. Halfway dimaksudkan bahwa plat dasar tower berupa kaki standard tower yang panjangnya hanya separuh kaki tower biasa. Bila kaki tower panjangnya 5 meter, plat dasar halfway-nya hanya sepanjang 2,5 meter. Dari 2,5 meter ini, 2 meter diantaranya dipendam ke dalam beton. Sedang setengah meternya diatas beton yang berfungsi sebagai sambungan dengan kaki tower.

Untuk desain baseplate, maka kaki pertama dimodifikasi dasarnya memakai plat plendes. Sedangkan plat plendes kedua diberi kaki besi beton eser dan dicorkan kedalam beton pondasi. Kedua plat plendes ini sama tebal dan ukurannya. Baru dari kedua plat plendes ini disambung dengan baut.

Kurang SST?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar