Breaking

Senin, 08 Juli 2013

Grounding Proteksi



Grounding

Grounding atau Pentanahan adalah rekayasa yang digunakan untuk mempercepat aliran induksi listrik kedalam tanah. Kami adalah penyedia jasa & material proteksi petir, siap membantu anda untuk melindungi asset dari sambaran petir. Gratis biaya survey untuk wilayah Surabaya dan Gerbangkertosusila. Jika anda membutuhkan Teknisi kami untuk datang ketempat anda jangan segan-segan untuk menghubungi kami. Klien Kami adalah Fasilitas-fasilitas Pertamina, Perusahaan Gas Negara, Angkatan Udara, Angkatan Laut dan banyak Instansi Pemerintah dan Swasta lainnya.




Grounding adalah sistem pengamanan terhadap perangkat-perangkat yang mempergunakan listrik dari lonjakan listrik,tegangan sentuh,tegangan langkah, petir & arus bocor.
Berbagai macam Grounding menurut fungsi :
1.    Grounding Safety : Untuk melindungi manusia dari arus bocor peralatan-peralatan listrik.
2.    Grounding Penangkal petir : Untuk menyalurkan arus petir dari splitzen atau head penangkal petir
3.    Grounding Harmonic : Untuk mengurangi/memfilter arus harmonisa dari sistem kelistrikan
4.    Netral Grounding Resistor : Grounding yang dibuat untuk Membatasi arus gangguan satu phasa-tanah,Membatasi tegangan pada phasa yang tidak terganggu,Membantu pemadaman busur api.  Grounding ini digunakan pada system Distribusi atau Transmisi terutama Trafo Daya.

Teknis memasang Grounding :
Memasukan batang tembaga (Copper Rod) atau BC 50/70 mm kedalam tanah, setelah tanah tersebut dibor terlebih dahulu berdasarkan kedalaman yang inginkan. setelah batang tembaga (Copper Rod) atau BC 50/70 mm masuk kedalam tanah kita ukur dengan alat ukur earthtester  untuk mencapai tahanan tanah yang diinginkan. Hasil terbaik adalah bila Copper menyentuh muka Air Tanah. Jika sampai kedalaman 6 atau 8 meter belum dicapai tahanan tanah yang diinginkan, sebaiknya memakai chemical grounding atau perlakuan khusus pada Copper Rodnya.

Setelah nilai tahanan tanah tercapai kemudian kita sambungkan ke perangkat yang akan kita proteksi.



 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar