Breaking

Jumat, 15 Agustus 2014

Hot Dipped vs UCP/Planting Galvanis

Hot Dipped vs UCP/Planting Galvanis

Ada dua teknik dasar dalam pelapisan Galvanis. Pertama adalah Planting atau electroplating atau UCP galvanis. Caranya adalah dengan membuat larutan kimia yang mengandung partikel aluminium, timah dan tembaga. Besi yang akan dilapisi kemudian dicelupkan ke cairan ini dan diberikan tegangan (arus listrik) sehingga partikel aluminium, timah dan tembaga akan menempel pada besi tersebut.

Kedua adalah teknik celup (hot dipped). Caranya dengan memanaskan timah dan aluminium sampai menjadi cair. Besi yang akan dilapisi dicelupkan kedalam wadah berisi cairan timah dan aluminium tersebut. Besi tidak ikut meleleh dalam cairan karena titik lebur besi lebih besar. Beberapa saat kemudian besi akan diangkat.

Ada lagi teknik galvanis dingin dengan cat timah. Timah dicairkan dengan cairan kimia tertentu sehingga berbentuk cair seperti cat. Cat kemudian dikuaskan ke besi yang akan dilapisi galvanis. Harga cat timah sangat mahal. Sehingga teknik galvanis dingin ini hanya dipakai untuk koreksi pada hot dipped galvanis. Pada teknik hot dipped galvanis, seringkali sudut-sudut besi belum terlapis sempurna. Dan karenanya digunakan cat timah (cold galvanis).

Dalam foto sebelah kiri (mengkilat) adalah planting dan sebelah kanan adalah hot dip galvanis.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar