Breaking

Jumat, 15 Agustus 2014

Mur dan Baut

Mur dan Baut.

Satu set Mur baut ( nut and bolt ) terdiri dari Baut, Ring Plat, Ring Per dan Mur. Empat komponen tersebut mempunyai fungsi yang saling melengkapai, meskipun kadang orang hanya memakai mur dan baut saja demi alasan penghematan. Sedang dari kekuatannya Baut dibagi menjadi beberapa jenis. Pertama adalah Common Bolt ( CB ), Medium Tensile Bolt ( MTB ), High Tensile Bolt ( HTB ) dan Super High Tensile Bolt ( SHTB ). Common Bolt ditandai dengan tulisan angka 3, 4 atau tanpa tulisan dikepalanya. MTB ditandai dengan tulisan 4.6, HTB ditandai dengan 8.8 dan SHTB ditandai dengan 10.9. sedang dari jenis baut terbagi menjadi dua macam, Black Bolt ( baut hitam ) dan Galvanized Bolt ( Baut Galvanis ). Baut hitam terbuat dari Baja tanpa lapisan, sedang baut galvanis dilapis antikarat. Untuk CB dan MTB memakai galvanis standard 1-3 micron dengan system electroplating (planting / ucp) dan untuk HTB memakai galvanis 7 micron (hot dipped galvanized).

Harga baut tergantung dari ukuran dan kekuatannya. Saat membeli baut HTB atau SHTB Kita selalu mendapat paket lengkap berupa Mur, Baut, Ring Plat dan Ring Per. Namun bila Kita membeli MTB atau CB Kita seringkali hanya mendapat Mur dan Baut nya saja. Sedang Ring Per dan Ring Plat harus dibeli terpisah. Warna baut ada empat macam. Pertama adalah hitam (warna khas besi baja / besi karbon). Kedua adalah putih perak mengkilat, baut ini terbuat dari baja ucp galvanis. Ketiga adalah kuning emas mengkilat. Baut ini berwarna kuning karena terdapat campuran tembaga pada alumium galvanisnya. Keempat berwarna putih doff, ini adalah warna khas baut dengan treatment hot dip galvanis.

Pada kepala baut biasanya dituliskan dengan emboss (tulisan timbul) tentang logo merk pabrik pembuat dan kekuatan baut. Contohnya dapat dilihat pada foto dibawah ini. Baut-baut ini dibeli langsung dari pabrik, termasuk kelengkapannya masing-masing.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar