Selasa, 06 November 2012

Tower dan Antena Radio AM (amplitudo modulation)


Tower dan Antena Radio AM (amplitudo modulation)

Asal mula bentuk tower AM adalah seperti gambar pertama. Yaitu kawat panjang horizontal diantara dua tower. Desain ini tentunya amat mahal, karena harga dua tower tinggi 70meter bisa mencapai 1,7Milyar sekarang. Yang dimaksud sebagai ANTENA adalah KAWAT TEMBAGA panjang yang ditarik diantara 2 tower itu. Sedang tower sendiri hanya supporting structure meski harganya bisa 100kali lipat harga Antena. Antena jenis ini disebut antena satu lambda (satu kali panjang gelombang). Yaitu setengah kekiri ujung Kabel feeder (kabel coaxial) dan setengah kekanan ujung kabel.



Untuk mengurangi mahalnya biaya untuk pembelian tower, maka akhirnya muncul beberapa desain tower. Sekarang yang paling populer adalah model vertikal setengah lambda. Dengan hanya setengah lambda, maka jarak jangkau sebaran siaran menjadi hanya separuh jarak satu lambda penuh. Ini sesuai dengan regulasi dari Balmon, bahwa siaran AM hanya boleh vertikal setengah lambda.




Beberapa stasiun AM mengakali agar jangkauannya tetap jauh dengan pemancar watt kecil yaitu dengan membuat antena satu lambda horizontal dengan tower (tiang rendah). Biasanya 2 sampai 6 meter saja tingginya. Dengan tiang yang rendah jarak jangkau memang berkurang. Namun untuk Pemancar power kecil dibawah 5000watt biasanya tidak masalah. Karena memang jarak jangkaunya kurang dari 500km dari titik antena.

Ciri khas tower AM dibandingkan dengan tower FM, bts atau wifi adalah adanya isolator-isolator di base tower dan tali tower. Ini karena tower AM dalam keadaan operasional akan menjadi BERTEGANGAN dan MENGELUARKAN PANAS. Isolator akan mencegah tegangan terserap kedalam tanah, sekaligus mencegah panas tersalur ke pondasi beton tower atau terpegang oleh orang lewat. Bila pondasi beton tower terkena panas tinggi, maka akan gampang retak dan pecah. Isolator terbuat dari keramik, dan terdiri dua jenis yaitu base isolator dan guyed isolator. Isolator base juga berfungsi untuk melilitkan antena vertikal setengah lambda yang bawah. Sedang yang atas tetap dipasang pada tower, dengan tinggi sekitar 35meter saja (setengah lambda).




Bentuk Pemancar AM sendiri sama dengan pemancar FM atau TV. Yaitu Exciter atau Modulator dan Final Power Amplifer yang masing-masing ditempatkan dalam Box logam. Box ini berguna untuk mencegah resonansi antar perangkat yang menimbulkan gangguan interferensi. Interferensi berakibat jeleknya mutu sinyal siaran.



Gambar Pemancar AM, Box dalam Rackmount 19'