Breaking

Selasa, 02 Juli 2013

Tahap-tahap Trial Erection (Fabrikasi Tower)



Tahap-tahap Trial Erection (Fabrikasi Tower)
Tahap Pertama, Kaki kiri dan kanan disusun dan dilas ujungnya sesuai dengan ukuran dan kemiringan pada gambar. Kemudian Siku horisontal dipasang dengan las. Plat simpul dipasang dengan las pada ujung pertemuan kaki dan horisontal. Siku dan plat dibor tembus dan kemudian dibaut. Fabrikasi ini dilakukan di workshop dengan sangat presisi dan hati-hati. Karena kesalahan 1 milimeter membor lubang baut bisa membuat trial erection (fabrikasi) gagal.
 Pemasangan siku Kaki dan Siku Horisontal


Tahap Kedua, Siku diagonal dipasang dengan cara yang sama seperti diatas. Sehingga didapatkan satu kaki (6 meter) dengan isian siku (bracing) penuh.
 Pemasangan Siku Diagonal


Tahap Ketiga, Kaki diangkat untuk kemudian dipasangkan kaki atasnya. Setelah dipasang diulang kembali tahap satu dan dua pada Kaki kedua dan seterusnya.
 Memindahkan Kaki Tower



Tahap keempat adalah pembuatan sisi diagonal dalam yang berfungsi menahan momen puntir dari tower. Pembuatan sisi diagonal dalam ini dilakukan dengan mencopot bracing horizontal dari Kaki tower dan kemudian dibuatkan diagonal dalam yang menyilang dari tengah masing-masing sisi.
Pembuatan Diagonal Dalam
 

Tahap Kelima, Bagian-bagian tower dilepas kembali satu persatu dan dicontek ke masing-masing empat sisi. Sehingga akan ada masing-masing empat siku dan sambungan yang identik. Siku dan plat ini akan dikirimkan ke Pabrik Galvanis.
 Siku Siap Galvanis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar