Breaking

Selasa, 02 Juli 2013

Ukuran Gas Flare Tower 42 meter SST



Ukuran Gas Flare Tower 42 meter SST
Tower 42 meter SST yang Kami buat menggunakan siku KS (eks krakatau steel) dengan kaki siku 10 dan bracing kaki L8 dan L6. Ini disesuaikan dengan penggunaannya sebagai tower gas flare yang menuntut daya tahan tinggi dalam cuaca yang bisa berubah secara ekstrem. Bahan mild steel eks KS ini memiliki standarisasi SS-400 dimana pabrik lain hanya membuat SS-360. SS-400 berarti besi tersebut setelah menerima tekanan 400kg per centimeter persegi. Sedangkan khusus untuk baut angkur bawah, Kami menggunakan besi AS SS-600 (hard steel) setara rel kereta api. Ukuran besi KS ini selalu sesuai spesifikasi dan tidak pernah dikurangi (besi banci). Harga perkilonya juga lebih mahal sesuai dengan mutu yang ditawarkan.

Sebagai perbandingan, jika KAKI tower 42 meter Kami memakai siku L10 kaki tower BTS biasanya memakai siku L8 atau L7. Sedangkan untuk lebar RENTANG KAKI tower lebarnya 3 meter. Tower Broadcast (TV atau Radio) memakai lebar ideal 4 meter, sedangkan tower BTS (seluler) memakai lebar minimal 2 meter saja. Lebar IDEAL didapatkan dari sepersepuluh tinggi tower, dan lebar MINIMAL didapatkan dari seperduapuluh tinggi tower. Bahkan dibeberapa kasus, lebar kaki tower BTS kurang dari angka minimal. Sebagai kompensasi dari lebar kaki tower kami yang dibawah IDEAL maka PONDASI Tower Kami jauh diatas IDEAL. Jika biasanya untuk 42 meter tebal beton plat lantainya adalah 40 cm, tower ini memakai tebal plat lantai 100 cm. Masih ditopang dengan minipile 24 meter sebanyak 45 unit.

Sebagai tower bolted tower (tower berbaut atau tower tanpa las), tower ini memakai baut pengencang. Type baut yang dipakai adalah baut 8.8 hardened steel dengan bahan besi tekan SS-800. Beberapa produsen tower masih memakai baut 4.6 atau baut 4 untuk menyiasati harga agar lebih murah. Kode baut ini dapat dilihat dibagian atas kepala baut. Bila tidak ada tulisannya maka baut tersebut termasuk mild steel SS-400. Beberapa jenis baut dikepalanya bertuliskan 4, 4.2 atau 4.6 dengan merk atau nama Pabrik pembuatnya.

Untuk finishing akhir tower akan dimasukkan dalam hotdip galvanis (hot dipped galvanized steel) setebal 70 micron. Lapisan GALVANIS ini dijamin dengan sertifikat dari pabrik Lifetime Warranty 50 tahun. Besi tower ini tidak akan berkarat meskipun sudah berumur 50 tahun. Umur kekuatan besi tower adalah 30 sampai 40 tahun. Setelah usia tersebut harus dilakukan test ulang untuk mengetahui FATIQUE Tower. Bila sudah tidak layak pakai, maka Tower harus dibongkar untuk menghindari kecelakaan robohnya tower.


Kaki L10 KS (lebar 100mm)


Kaki L10 KS (tebal 10mm)


Baut Angkur Besi AS (22mm)


Plat Gerbil KS (16mm)


Plat Plendes KS (26mm)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar