Breaking

Minggu, 15 Februari 2015

Menara Api (Fire Lookout Tower)




Sebuah menara pengintai api (fire lookout tower), menara api atau menara pengintai, menyediakan gardu pandang dan perlindungan bagi orang yang dikenal sebagai "pencari api" yang tugasnya adalah untuk mencari kebakaran hutan di hutan tropis. Menara pengintai api adalah sebuah bangunan kecil, biasanya terletak di puncak gunung atau ditengah perkebunan dengan posisi yang tinggi, untuk memaksimalkan jarak pandang dan jangkauan. Dari pandangan ini titik api dapat terlihat melalui kepulan asap. Pencari Api kemuadian menentukan lokasi dengan menggunakan perangkat yang dikenal sebagai Perangkat Osborne atau Sensor Inframerah. Dan memanggil petugas pemadam kebakaran api.

Menara Api mempunyai gardu pandang kecil diatas, dengan atap untuk menghindari panas dan hujan. Ini karena Pencari Api tinggal disana dalam waktu yang lama. Bahkan beberapa menara api mempunyai penjaga sehari semalam (3 x 8jam).

Dewasa ini Menara Api juga difungsikan untuk mengawasi perambahan hutan, migrasi dan pergerakan binatang serta tanda-tanda bencana alam. Di Sumatera dan Kalimantan perkebunan-perkebunan besar telah diwajibkan untuk membuat fasilitas menara api ini. Bahkan sekarang dengan teknologi yang telah maju, maka telah ditempatkan CCTV dengan teknologi wireless dan VSAT untuk lebih memudahkan pengamatan.

Untuk Kebutuhan Menara Api, Gardu Pandang, CCTV dan VSAT perusahaan Anda Kami siap membantu bahkan sampai ke pelosok Nusantara yang paling terpencil. Anda tinggal menghubungi Bpk Diego di: HP-SMS-WA +62 813 30 786858 atau melalui email: mustdiego@yahoo.com






Tidak ada komentar:

Posting Komentar