Breaking

Sabtu, 29 April 2017

Cat Marine Paint Coating

 Dari Kiri Ke Kanan, Thinner, Topcoat (hempathane), Base Coat (Shoprimere), Anti Fouling (Classic), Middle Coat (Hempadur Mastic), Curing Agent (kecil depan)


Aplikasi Topcoat dan Anti Fouling

Cat Marine Paint
Cat untuk benda-benda di laut. Yang termasuk benda di laut (marine unit) adalah Kapal dan Perahu, Pelabuhan dan Jetty serta Rambu-rambu Laut. Untuk proteksi Utama Benda Laut dipakai cat (marine paint) dan anode untuk memperlambat korosi dan kerusakan.
Apa itu cat (paint)? Defisini cat adalah, Cat merupakan produk berbentuk cair atau agak padat yang mengandung pewarna dan ketika di aplikasikan ke sebuah benda akan membentuk lapisan yang keras, bersifat melindungi, dekoratif, serta sifat-sifat teknik khusus lainnya.
Dalam pengertian modern, cat secara umum diartikan sebagai coating. Coating dalam hal ini didefinisikan sebagai proses pelapisan sebuah benda oleh zat yang akan memberikan fungsi tertentu. Fungsi yang paling umum yang dimiliki oleh cat antara lain
1. Protektif (perlindungan), yakni cat harus mampu melindungi benda kerja yang dilapisinya
2. Dekoratif (keindahan), yakni cat harus imampu membuat benda kerja yang dilapisinya menjadi lebih indah
3. Fungsi khusus lainnya seperti anti jamur,anti organisme, anti UV, anti bocor, anti karat, dan lain sebagainya.
Cat Khusus benda-benda di laut didesain terutama untuk melindungi dari korosi (karat) yang akan merusak struktur benda kerja. Secara garis besar ada 3 lapisan utama untuk pengecatan. Yang pertama adalah lapisan anti korosif primer (prime coating / base coat), kedua adalah lapisan warna utama (top coat), dan terakhir adalah lapisan anti organisme (anti fouling).

Anti Korosif Primer
Lambung kapal Anda adalah faktor kunci dalam menjaga efisiensi operasi, keselamatan dan ekonomi bahan bakar yang optimal - jadi pilih lapisan cat terbaik agar tetap halus dan bebas korosi. Sistem pertahanan, antifouling dan menjaga lambung kapal Anda tetap halus dan bersih, yang mengurangi hambatan di air dan memotong tagihan bahan bakar Anda. Tapi Anda memerlukan sistem anti korosi untuk melindungi lambung dan sistem pelapisan Anda terhadap abrasi, korosi dan benturan. Apapun kondisi kapal Anda beroperasi. Dengan berbagai lapisan anti korosi, Anda dapat memilih sistem yang sempurna untuk kondisi dan kondisi pengoperasian kapal Anda. Apakah Anda memerlukan suplemen universal serbaguna untuk meningkatkan efisiensi aplikasi atau lapisan spesialis untuk lingkungan servis yang sangat keras, seperti perdagangan es, kami memiliki lapisan yang telah terbukti untuk memenuhi kebutuhan Anda. Untuk kinerja optimal, sistem anti korosi harus dipilih pada tahap pembuatan baru, karena ini akan memastikan hasil jangka panjang dan biaya perawatan terendah selama masa kerja kapal Anda.
Dalam aplikasinya, lapisan anti korosif primer ini bisa diaplikasikan satu lapis atau lebih, sesuai dengan ketebalan yang diinginkan. Lapisan-lapisan ini dikenal sebagai sub primer, meso primer dan top primer. Ketebalan aplikasi cat ini bervariasi mulai 30micron (low pressure spray gun) hingga 100micron (high pressure spray gun). Sedang untuk aplikasi kuas atau rol berada di kisaran 50micron ketebalannya.

Cat warna / Top coat
Peranan dari pada cat warna atau top coat adalah cat akhir yang memberi warna, kilap, halus bersamaan dengan meningkatkan kualitas serta menjamin keawetan kualitas tersebut. Topcoat berfungsi lebih banyak sebagai elemen estetis dan signage (signal).
Top Coat mempunyai ketebalan 10micron hingga 70micron per layer (lapisan) pada aplikasinya.

Anti Fouling
Anti-fouling adalah cat yang digunakan untuk melapisi bagian bawah kapal untuk mencegah makhluk laut seperti ganggang dan moluska menempel dan hidup di lambung kapal sehingga membuat kapal menjadi berat, memperlambat kapal dan meningkatkan konsumsi bahan bakar.
Anti Fouling mempunyai ketebalan 100micron hingga 200micron per layer pada aplikasinya.

Hempaguard, Hempasil, Olympic, Oceanic, Globic, Classic, Dynamic, Helix, Basic, Anti Slint, Anti Slip Pearl, Hemucryl, Silicone, Aluminium, Topcoat, Hivee, Enamel, Hempathane, Hempalin, Silvium, Hempadur, Impact, Easy, Mastic, Undercoat, Hempasil, Nexus, Quattro, Shopprimer, Galvosil, Primer, Uniprimer, Hempinol, Hempel Thinner.

Interbond, Intercept, Interfine, Interflex, Intergard, Interlac, Interline, Interplate, Interprime, Intersheen, Intershield, Intersleek, Intersmooth, Interspeed, Interswift, Interthane, Intertherm, Intertuf, Interzinc, Zinc primers

Amercoat, Amershield, Amerlock, Dimetcote, DSP3, Noavaguard, Phenguard, Pitthane Ultra, 888 anti-skid, Aquacover, Aquaweld, SF Zinc Primer, Sigma, Alphagen, Ecofleet, Edgeguard, Nexeon, Sailadvance, Sigmacover, Sigmadur, Sigmaglide, Sigmaguard, Sigmaprime, Sgmarine, Sigmashield, Sigmatherm, Sigmaweld, Sigmazinc.

Alkydprimer, Balloxy, Jotacote, Jotaguard, Jotamastic, Jotaprime, Universal, Jota Armour, Marathon, Pilot, Safeguard Plus, Solvalitt, SeaConomy, SeaForce, Lumi Light, SeaLion, SeaMate, SeaQuantum, Resilient, Repulse, Static Plus, Ultra Pro, Tankguard Zinc, Futura Classic, Hardtop Flexi, Penguard FC, Pilot II, Pioner Topcoat, Optima Smart Pack.

Anticorrosive coatings, Antifouling, Tank coatings, Surfacer, Topcoats, Jotun, Hempel, International, PPG Sigma, Marine Coating.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar